Minggu, 15 November 2015

soal dan jawaban sim

Endah Sri Hedyarini
11130077
Sistem Informasi Manajemen


Soal

1.      Jelaskan manfaat sistem informasi manajemen dalam bidang pemasaran.
2.   Apa yang kamu ketahui tentang SIM? Dan mengapa SIM sangat berperan penting dalam sebuah manajemen.
3.   Jelaskan sejarah sistem informasi manajemen, eksistensinya saat ini dan perkembangannya dimasa depan?
4.      Apa keuntungannya dan kerugian dari penggunaan SIM bagi sebuah perusahaan? Sebut dan Jelaskan
5.      Komponen apa saja yang diperlukan dalam sistem informasi manajemen.
6.      Jelaskan bagaimana hubungan sistem informasi manajemen dan fungsi manajemen.
7.      Mengapa dikatakan sistem informasi akuntansi sebagai bagian terbesar SIM?
8.      Jelaskan manfaat sim untuk suatu perusahaan.
9.   Kualitas informasi dipengaruhi oleh 3 hal,relevancy, accurancy dan timeliness. Jelaskan ke-3 hal tersebut.

Jawaban
1.      Manfaat sistem informasi manajemen dalam bidang pemasaran adalah :
a.       Pendukung Penjualan : memberikan informasi pada personil penjualan
b.     Analisis Penjualan : untuk menyediakan informasi buat penganalisisan terkait dengan kecenderungan produk
c.  Riset Konsumen : mengidentifikasi karakteristik dan kebiasaan konsumen terhadap produk-produk yang ditawarkan oleh perusahaan
d.      Riset Pasar : menaksir ukuran keseluruhan dari pasar untuk tiap lini produk
e.      Riset Pesaing : mengumpulkan informasi untuk spesifikasi dari produk-produk pesaing
f.    Peningkatan promosi dan iklan : mampu menjadi gudang informasi yang membantu manajer dalam membuat promosi dan periklanan dengan cara belajaran dari masa lalu.
g.   Perkembangan produk baru : penganalisisan suatu kesempatan yang memungkinan bagi produk baru dan juga menyangkut tentang pengevaluasian atas spesifikasi dan keberhasilan pasar
h.    Perkiraan penjualan : bersangkutan dengan masa yang akan datang yang semakin sulit karena informasi konkrit mengenai masa dan jumlahya sedikit
i.   Perencanaan produk dan penetapan harga produk : memberikan informasi pada sebagian besar aktivitas pemasaran yang menentukan arah dan pusat penelitian
j.        Kontrol pengeluaran : berkaitan dengan rencana-rencana kegiatan dimasa mendatang.

2.      SIM adalah jaringan prosedur pengolahan data yang dikembangkan dalam suatu sistem (terintegrasi) dengan maksud memberikan informasi (yang bersifat intern dan ekstern) kepada manjemen sebagai dasar pengambilan pemasaran.
Karena untuk memenuhi kebutuhan informasi umum semua manajer dalam perusahaan atau dalam submit organisasional perusahaan, menyediakan informasi bagi pemakai dalam bentuk laporan dan output.

3.      Sejarah SIM
·         konsep sim informasi telah ada sebelum pertengahan abad ke-20, pada masa itu masih digunakan kartu punch, pemkaian komputer terbatas pada aplikasi akuntansi yang kemudian dikenal sebagai sistem informasi akuntansi.
·         Pada tahun 1964 komputer generasi baru memperkenalkan prosedur baru yang menggunakan silicon chip circultry dengan kemampuan pemrosesan yang lebih baik. Di gunakan oleh para produsen memperkenalkan konsep sim dengan tujuan utama yaitu aplikasi komputer adalah untuk menghasilkan informasi bagi manajemen.
·         sementara konsep sim terus berkembang, Morton Borry, dan Keendary Massachussets Insitute of Techbology (MIT) mengenalkan konsep baru diberi nama sistem pendukung keputusan (Decission Support System).
·         Selanjutnya muncul konsep baru yang dikenal dengan nama Artifical Intelegence (AI) sebuah konsep dengan ide bahwa komputer bisa diprogram untuk melakukan proses logic menyerupai otak manusia.

4.      Keuntungan sim bagi perusahaan yaitu dalam :
1.      Meningkatkan efisiensi operasional
Investasi dalam teknologi sistem informasi dapat menolong operasi perusahaan menjadi lebih efisien. Efisiensi operasional membuat perusahaan dapat menjalankan strategi keunggulan biaya (low cost leadership)
2.      Memperkenalkan inovasi dalam bisnis
Penggunaan atm (automated teller machine) dalam perbankan merupakan contoh yang baik dari inovasi teknologi informasi. Dengan atm bank-bank besar dapat memperoleh keuntungan strategis melebihi pesaing mereka yang berlangsung beberapa tahun.
3.      Membangun sumber-sumber informasi strategis
Teknologi informasi memampukan perusahaan untuk membangun sumber informasi strategis sehingga mendapat kesempatan dalam keuntungan strategis.
Kerugian :
a.       Mempermudah terjadinya plagiat
b.      Dapat memberikan dampak bagi lingkungan sosial seperti pengurangan tenaga kerja
c.       Fungsi manusia sebagai tenaga kerja tergantikan oleh teknologi-teknologi  yang ada
d.      Membuat ketergantungan sehingga mengesampingkan rasionalitas manusia itu sendiri.

5.      Komponen SIM
a.       Komponen sim secara fungsional : seluruh komponen berhubungan dengan teknik pengumpulan data, pengolahan, pengiriman dan penyiapan informasi yang dibutuhkan.
b.      Komponen sim secara fisik : keseluruhan perangkat dan peralatan fisik yang digunkan untuk menjalankan SIM, meliputi : perangkat lunak, perangkat keras, database dan prosedur pengoperasian.

6.      Hubungannya menuai sinergi yaitu serangkaian informasi yang menyeluruh dan terkoordinasi dan secara rasional terpadu yang mampu mentransformasi data sehingga menjadi informasi lewat serangkaian cara guna meningkatkan produktivitas yang sesuai dengan gaya dan sifat menajer atas dasar kriteria mutu yang telah ditetapkan. Kegiatan dari sistem informasi : menerima data sebagai masukan (input) kemudian memprosesnya dengan melakukan perhitungan penggabungan unsur data dll.
Fungsi manajemen : 1. Planing 2. Organitiing 3. Actuating/ Directing 4. Pengarahan

7.      SIA merupakan bagian terbesar dari SIM karena SIA ini ada diberbagai bidang operasional manajemen yang terdiri dari sub-sub sistem yaitu sub sistem akuntansi dan sub sistem keuangan. Data transaksi perusahaan dikumpulkan dan di olah menjadi informasi bagi tiap manajemen.

8.      Manfaat untuk suatu perusahaan yaitu memperoleh manajemen dan membantu serta menunjang proses pengambilan keputusan manajemen.
Fungsi terpenting :
a.       Mendukung operasi bisnis
b.      Mendukung pengambilan keputusan
c.       Mendukung keunggulan strategis

9.      Relevancy : Informasi dikatakan berkualitas jika relevan bagi pemakainya. Pengukuran nilai revalasi akan tetap relevan jika memberikan manfaat bagi pemakainya.
Accurancy : Jika informaasi tidak menyesatkan bebas dari kesalahan-kesalahan dan harus jelas mencerminkan maksudnya.

Timeliness : Informasi yang dihasilkan dari suatu proses pengolahan data, datanya tidak boleh terlambat (usang).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar