Endah Sri Hedyarini
11130077
Sistem Informasi Manajemen
11130077
Sistem Informasi Manajemen
Soal
1. Jelaskan
manfaat sistem informasi manajemen dalam bidang pemasaran.
2. Apa yang
kamu ketahui tentang SIM? Dan mengapa SIM sangat berperan penting dalam sebuah
manajemen.
3. Jelaskan
sejarah sistem informasi manajemen, eksistensinya saat ini dan perkembangannya
dimasa depan?
4.
Apa keuntungannya
dan kerugian dari penggunaan SIM bagi sebuah perusahaan? Sebut dan Jelaskan
5.
Komponen
apa saja yang diperlukan dalam sistem informasi manajemen.
6.
Jelaskan
bagaimana hubungan sistem informasi manajemen dan fungsi manajemen.
7.
Mengapa
dikatakan sistem informasi akuntansi sebagai bagian terbesar SIM?
8.
Jelaskan
manfaat sim untuk suatu perusahaan.
9. Kualitas
informasi dipengaruhi oleh 3 hal,relevancy, accurancy dan timeliness. Jelaskan ke-3
hal tersebut.
Jawaban
1.
Manfaat
sistem informasi manajemen dalam bidang pemasaran adalah :
a.
Pendukung
Penjualan : memberikan informasi pada personil penjualan
b. Analisis
Penjualan : untuk menyediakan informasi buat penganalisisan terkait dengan
kecenderungan produk
c. Riset
Konsumen : mengidentifikasi karakteristik dan kebiasaan konsumen terhadap
produk-produk yang ditawarkan oleh perusahaan
d.
Riset
Pasar : menaksir ukuran keseluruhan dari pasar untuk tiap lini produk
e. Riset
Pesaing : mengumpulkan informasi untuk spesifikasi dari produk-produk pesaing
f. Peningkatan
promosi dan iklan : mampu menjadi gudang informasi yang membantu manajer dalam
membuat promosi dan periklanan dengan cara belajaran dari masa lalu.
g. Perkembangan
produk baru : penganalisisan suatu kesempatan yang memungkinan bagi produk baru
dan juga menyangkut tentang pengevaluasian atas spesifikasi dan keberhasilan
pasar
h. Perkiraan
penjualan : bersangkutan dengan masa yang akan datang yang semakin sulit karena
informasi konkrit mengenai masa dan jumlahya sedikit
i. Perencanaan
produk dan penetapan harga produk : memberikan informasi pada sebagian besar
aktivitas pemasaran yang menentukan arah dan pusat penelitian
j.
Kontrol
pengeluaran : berkaitan dengan rencana-rencana kegiatan dimasa mendatang.
2.
SIM
adalah jaringan prosedur pengolahan data yang dikembangkan dalam suatu sistem
(terintegrasi) dengan maksud memberikan informasi (yang bersifat intern dan ekstern)
kepada manjemen sebagai dasar pengambilan pemasaran.
Karena untuk
memenuhi kebutuhan informasi umum semua manajer dalam perusahaan atau dalam
submit organisasional perusahaan, menyediakan informasi bagi pemakai dalam bentuk
laporan dan output.
3.
Sejarah
SIM
·
konsep
sim informasi telah ada sebelum pertengahan abad ke-20, pada masa itu masih
digunakan kartu punch, pemkaian komputer terbatas pada aplikasi akuntansi yang
kemudian dikenal sebagai sistem informasi akuntansi.
·
Pada
tahun 1964 komputer generasi baru memperkenalkan prosedur baru yang menggunakan
silicon chip circultry dengan kemampuan pemrosesan yang lebih baik. Di gunakan
oleh para produsen memperkenalkan konsep sim dengan tujuan utama yaitu aplikasi
komputer adalah untuk menghasilkan informasi bagi manajemen.
·
sementara
konsep sim terus berkembang, Morton Borry, dan Keendary Massachussets Insitute
of Techbology (MIT) mengenalkan konsep baru diberi nama sistem pendukung
keputusan (Decission Support System).
·
Selanjutnya
muncul konsep baru yang dikenal dengan nama Artifical Intelegence (AI) sebuah
konsep dengan ide bahwa komputer bisa diprogram untuk melakukan proses logic
menyerupai otak manusia.
4.
Keuntungan
sim bagi perusahaan yaitu dalam :
1.
Meningkatkan
efisiensi operasional
Investasi dalam
teknologi sistem informasi dapat menolong operasi perusahaan menjadi lebih
efisien. Efisiensi operasional membuat perusahaan dapat menjalankan strategi
keunggulan biaya (low cost leadership)
2.
Memperkenalkan
inovasi dalam bisnis
Penggunaan atm
(automated teller machine) dalam perbankan merupakan contoh yang baik dari
inovasi teknologi informasi. Dengan atm bank-bank besar dapat memperoleh
keuntungan strategis melebihi pesaing mereka yang berlangsung beberapa tahun.
3.
Membangun
sumber-sumber informasi strategis
Teknologi informasi memampukan perusahaan
untuk membangun sumber informasi strategis sehingga mendapat kesempatan dalam
keuntungan strategis.
Kerugian
:
a.
Mempermudah
terjadinya plagiat
b.
Dapat
memberikan dampak bagi lingkungan sosial seperti pengurangan tenaga kerja
c.
Fungsi
manusia sebagai tenaga kerja tergantikan oleh teknologi-teknologi yang ada
d.
Membuat
ketergantungan sehingga mengesampingkan rasionalitas manusia itu sendiri.
5.
Komponen
SIM
a.
Komponen
sim secara fungsional : seluruh komponen berhubungan dengan teknik pengumpulan
data, pengolahan, pengiriman dan penyiapan informasi yang dibutuhkan.
b.
Komponen
sim secara fisik : keseluruhan perangkat dan peralatan fisik yang digunkan
untuk menjalankan SIM, meliputi : perangkat lunak, perangkat keras, database
dan prosedur pengoperasian.
6.
Hubungannya
menuai sinergi yaitu serangkaian informasi yang menyeluruh dan terkoordinasi
dan secara rasional terpadu yang mampu mentransformasi data sehingga menjadi
informasi lewat serangkaian cara guna meningkatkan produktivitas yang sesuai
dengan gaya dan sifat menajer atas dasar kriteria mutu yang telah ditetapkan. Kegiatan
dari sistem informasi : menerima data sebagai masukan (input) kemudian
memprosesnya dengan melakukan perhitungan penggabungan unsur data dll.
Fungsi manajemen : 1. Planing 2. Organitiing 3. Actuating/ Directing 4. Pengarahan
Fungsi manajemen : 1. Planing 2. Organitiing 3. Actuating/ Directing 4. Pengarahan
7.
SIA
merupakan bagian terbesar dari SIM karena SIA ini ada diberbagai bidang
operasional manajemen yang terdiri dari sub-sub sistem yaitu sub sistem
akuntansi dan sub sistem keuangan. Data transaksi perusahaan dikumpulkan dan di
olah menjadi informasi bagi tiap manajemen.
8.
Manfaat
untuk suatu perusahaan yaitu memperoleh manajemen dan membantu serta menunjang
proses pengambilan keputusan manajemen.
Fungsi terpenting :
Fungsi terpenting :
a.
Mendukung
operasi bisnis
b.
Mendukung
pengambilan keputusan
c.
Mendukung
keunggulan strategis
9.
Relevancy : Informasi dikatakan berkualitas jika relevan
bagi pemakainya. Pengukuran nilai revalasi akan tetap relevan jika memberikan
manfaat bagi pemakainya.
Accurancy : Jika informaasi tidak menyesatkan bebas dari kesalahan-kesalahan dan harus jelas mencerminkan maksudnya.
Accurancy : Jika informaasi tidak menyesatkan bebas dari kesalahan-kesalahan dan harus jelas mencerminkan maksudnya.
Timeliness : Informasi yang dihasilkan dari suatu proses pengolahan data,
datanya tidak boleh terlambat (usang).
Tidak ada komentar:
Posting Komentar